Kebiasaan yang Harus Dihindari Setelah Makan

baby_eat_melonKita tentu sepakat bahwa kesehatan merupakan aset terbesar yang kita miliki dalam hidup ini. Tanpa kesehatan  maka aktifitas apapun pastinya tak akan dapat dilakukan dengan baik. Makanan yang sehat adalah salah satu penunjang terjaganya kebugaran tubuh ini. Namun ada beberapa hal yang seringkali tidak kita sadari dari aktivitas kita setelah makan yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan kita. Dalam artikel ini kurang lebih ada 8 point yang harus kita perhatikan betul agar makanan yang kita konsumsi mampu memberikan manfaat yang optimal terhadap kerja tubuh kita.

1. MEROKOK

Merokok merupakan aktifitas yang bagi sebagian orang rasanya sulit untuk ditinggalkan sekalipun kita mengetahui efeknya yang berbahaya bagi tubuh. Tapi ternyata efek yang berbahaya tersebut akan menjadi 10 kali lipat lebih berbahaya apabila dilakukan setelah makan.  Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan sama halnya dengan merokok sepuluh batang. Dengan demikian kecenderungan  terserang kanker menjadi jauh lebih besar.

2. MAKAN BUAH

Seringkali kita salah persepsi mengenai buah sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan. Kebiasaan ini sepertinya sudah menjadi tradisi dalam kehidupan banyak orang. Padahal kebiasaan mengkonsumsi buah setelah makan akan membuat perut dipenuhi udara /kembung. Ada baiknya hal ini kita siasati dengan memakan buah beberapa jam setelah makan. Sebagian dokter  bahkan menganjurkan untuk mengkonsumsi buah buahan sebelum makan berat. Buah-buahan  yang lembut seperti pisang akan membantu mengkondisikan pencernaan kita sebelum diisi dengan makanan berat.

3. MINUM TEH

Berdasarkan penelitian, daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan kendungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain hal itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 persen. Padahal, seperti yang kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.

4. MENGENDURKAN IKAT PINGGANG

Disadari atau tidak kebiasaan ini sering kita lakukan apalagi ketika perut terisi penuh oleh makanan. Sehabis makan kenyang biasanya kita merasa begah dan langsung mengendurkan ikat pinggang atau membuka resleting celana. Tanpa kita sadari aktifitas yang dilakukan secara tiba tiba  tersebut sebenarnya sangat berbahaya karena dapat menyebabkan usus terbelit.

5. MANDI

Walaupun tidak banyak orang yang melakukan, terkadang ada saja yang berpikir untuk melakukan mandi selepas makan. Pada pagi hari kebanyakan orang lebih memilih makan dulu daripada mandi dengan alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar. Sehingga Anda berpikir untuk mandi sekalian BAB.

Padahal, mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

6. BERJALAN-JALAN

Satu lagi yang benar-benar harus Anda hindari. Pernahkah Anda mendengar cerita bahwa orang yang sedang mengikuti lomba gerak jalan maupun lari marathon tiba-tiba saja muntah ditengah jalan? Ya, itu adalah salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh langsung berjalan apalagi lari setelah makan. Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

7. LANGSUNG TIDUR

Rasa kantuk setelah makan tentunya sering kita alami. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi membuat kita kekenyangan. Ada baiknya kita menahan diri untuk tidak segera tidur. Tidur akan menurunkan aktifitas metabolisme tubuh kita. Dengan demikian tidur   setelah makan  sangat tidak baik bagi tubuh karena  makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan. Dan tentunya perut menjadi buncit.

8. MINUM AIR DINGIN

ice-waterHal terakhir ini yang seringkali tidak disadari oleh kita  yaitu  minum air dingin. Suhu dingin air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak /lemak. Pada akhirnya lemak menjadi tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan. Nah, untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es yang biasa kita  minum dengan minum air hangat.

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: