Rencana Usaha Produk Olahan Jamur

Rencana Usaha Produk Olahan Jamur

Organic MycoSoft Ganesha (OMG)

Deskripsi usaha:

Organic MycoSoft Ganesha (OMG) merupakan suatu unit usaha baru yang berada di bawah naungan Ganesha Entrepreneur Corporation (GEC) yang bergerak di bidang produksi olahan jamur. Pada awalnya MycoSoft (OMG) memfokuskan diri untuk memproduksi produk-produk olahan dari jamur tiram (Pleurotus ostreatus). Beberapa produk olahan yang menjadi fokus MycoSoft saat ini adalah keripik jamur (jamur krispi) dan burger jamur.

Sumber Daya Manusia

MycoSoft merupakan kerjasama beberapa orang pendirinya yaitu AdityaRial (Biologi ITB 2002), Anggaman (Biologi ITB 2001) dan Reza (Biologi 2003).

Manajemen

Untuk menjalankan usaha MycoSoft, diperkirakan akan dibutuhkan sejumlah tim manajemen yang akan mengelola bidang-bidang berikut:

  1. bidang keuangan (manajer keuangan)
  2. bidang produksi (manajer produksi)
  3. bidang pemasaran (manajer pemasaran)
  4. bidang suplai, distribusi dan jaringan

Bentuk pengembangan tim manajemen yang diusulkan adalah dalam bentuk tim mandiri. Tim mandiri dimaksudkan agar seluruh anggota tim manajemen dapat saling mempelajari tugas dan keahlian dari masing-masing anggota tim yang lain. hal ini dimaksudkan agar setiap anggota tim dapat saling mengisi jika suatu saat anggota tim yang lain terhambat dalam menjalankan tugasnya.

Jobdesk

Jobdesk sesuai dengan bidang-bidang manajemen adalah sebagai berikut:

  1. bidang keuangan (manajer keuangan)

Manajer keuangan mengatur seluruh alokasi keuangan dalam MycoSoft. pengaturan yang perlu dilakukan antara lain adalah pengaturan aliran keuangan, proyeksi laba rugi, neraca, dan sebagainya.

  1. bidang produksi (manajer produksi)

Manajer produksi bertanggung jawab dalam kelangsungan proses produksi. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh manajer produksi antara lain teknik produksi, teknologi preservasi, pengemasan (packing), pengembangan produk, dan sebagainya.

  1. bidang pemasaran (manajer pemasaran)

Manajer pemasaran mengelola strategi pemasaran, riset dan analisis pasar, segmentasi dan target  konsumen, dan sebagainya.

  1. bidang suplai, distribusi dan jaringan

Bidang ini mengurusi kebutuhan suplai untuk produksi, bekerjasama dengan pemasaran dalam mendistribusikan produk, juga berperan dalam membangun jaringan usaha dengan pengusaha atau rekanan bisnis lain. Bidang ini juga mengelola rekruitment pegawai dan rekanan magang yang tertarik untuk mempelajari bisnis pengolahan jamur ini.

Keuangan

Keuangan merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam keberlangsungan usaha MycoSoft. Modal awal usaha diharapkan dapat terpenuhi dari investasi yang berasal dari investor, baik investor luar maupun investor dalam.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: