Fenomena Alam Tanda Datangnya Gempa

Musibah apapun termasuk gempa bumi sulit untuk diprediksi kapan dan dimana tepatnya akan terjadi. Tapi tentu kita harus tetap waspada dan sedapat mungkin mengenali ciri-ciri datangnya gempa.

Ada beberapa ciri berupa fenomena fenomena alam  yang dianggap sebagai peringatan akan terjadi gempa bumi. Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:

1. Adanya awan berbentuk seperti angin tornado atau seperti pohon/batang berbentuk lurus/memanjang vertikal bisa dikatakan itu merupakan awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi.

Tanda_Gempa_KOBE

foto awan yang muncul di Kobe, Jepang sebelum tragedi gempa besar Kobe 17Januari ’95

Adanya awan gempa yang berbentuk aneh tersebut tidak dapat memastikan kapan gempa akan terjadi. Awan seperti itu terlihat di Kobe 8 hari sebelum gempa. Di Niigata, awan seperti itu terlihat  hanya 4 jam sebelum gempa Niigata Oktober 2004.

Awan yang berbentuk aneh tersebut  terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi sehingga mampu menghisap daya listrik di awan sehingga terbentuk awan mirip angin tornado atau awan vertikal. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar tersebut terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi.

Untuk memastikan apakah awan tersebut merupakan awan gempa atau bukan maka lakukan pengecekan seperti pada point 2

2. Lakukan uji medan elektromagnetis di dalam rumah. Cek siaran TV apakah mengalami gangguan atau tidak. Apabila memiliki mesin fax, periksa apakah lampunya blinking sekalipun tidak sedang transmit data kemudian minta orang lain untuk mengirim fax ke alamat fax kita periksa apakah teks yang dikirim berantakan atau tidak. Matikan aliran listrik. Periksa apakah lampu neon tetap menyala redup sekalipun tidak ada arus listrik.

Apabila  tv mengalami gangguan, lampu fax blinking padahal tidak sedang transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala sekalipun tidak ada arus listrik, itu menunjukkan adanya gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak bisa dirasakan oleh manusia. Untuk memastikannya lagi perhatikan point ke 3

3. Perhatikan hewan-hewan disekitar kita. Periksa apakah hewan-hewan seperti “menghilang”, lari, atau bertingkah laku aneh. Pada umumnya hewan memiliki kemampuan mendeteksi suara dan gelombang elektromagnetik melebihi kemampuan manusia

Apabila ketiga ciri ciri tersebut terlihat dalam waktu bersamaan atau dalam selang waktu yang tidak terlalu lama maka bersiap siaplah untuk melakukan evakuasi.

4. Air tanah.

Perhatikan  juga apakah air tanah tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.

Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Empat tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar.

Tiada  daya dan upaya kecuali atas izin Allah SWT. Karena itu ada baiknya kita senantiasa berdoa agar  dilindungi dari segala macam marabahaya.


Source : Gugling.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: