Semakin Tua Semakin Berat..Mengapa?

gendut

Banyak ibu ibu yang mengeluh, makin tua makin berat saja tubuhnya, alias semakin gembrot. Ibu ibu yang semasa gadisnya langsing sedikit demi sedikit berat tubuhnya bertambah  setelah setengah baya. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan ini terjadi, padahal dari segi asupan makan relatif jumlahnya tidak bertambah. Beberapa faktor penyebabnya antara lain

  1. Ketika usia semakin tua maka metabolisme  dalam tubuh akan lebih lambat. Kebutuhan kalori untuk memenuhi fungsi tubuh cenderung menurun. Ada tanda tanda bahwa termogenesis, penggunaan kalori untuk memelihara suhu tubuh menjadi efisien, sehingga memerlukan lebih sedikit kalori. Ini artinya lebih banyak kalori yang disimpan dalam bentuk lemak sehingga cenderung menambah berat badan.
  2. Kenyataan bahwa bila usia semakin bertambah kegiatan tidak seaktif dikala muda. Sehingga kalori yang biasanya dibakar pada waktu masih muda misalnya untuk berolahraga, setelah tua kalori menjadi tertimbun sebagai lemak.
  3. Faktor lain yang menyebabkan menjadi gemuk yaitu karena tidak mengurangi makan untuk mengimbangi menurunnya kebutuhan energi  dari tubuh. Misalnya kebutuhan kalori menurun 2-10% setiap 10 tahun setelah berusia 30 tahun. Dari hasil penelitian ternyata meskipun orang orang tua tidak makan sebanyak yang dimakan oleh yang berusia 20-30 tahun, tetapi kebanyakan porsi makannya masih lebih banyak dibandingkan kebutuhan tubuhnya.
  4. Dengan bertambahnya umur, otot otot akan berkurang sedangkan jaringan lemak akan bertambah. Pada wanita-wanita muda ada kecenderungan menyimpan lemak dalam payudara, pantat, dan paha sedang wanita tua timbunan lemaknya terdapat di daerah perut seperti halnya pada pria gemuk. Dengan bertambahnya lemak dalam perut ternyata ada hubungannya dengan naiknya kadar kolesterol pada wanita tua dan  dan pria yang kelebihan berat tubuh, yang berarti menambah resiko terkenan penyakit jantung.
  5. Perubahan hormon setelah menopause.

Teori lainnya mengatakan bahwa seseorang memiliki sejumlah sel lemak sejak permulaan hidupnya, jumlah serta macam sel sel tersebut dapat menentukan apakah seseorang akan menjadi gemuk atau kurus. Para peneliti berpendapat bahwa dalam hidup seseorang, dapat mengalami penambahan jumlah sel lemak terutama pada waktu bertambah gemuk. Dan setelah sel sel tadi terisi dengan lemak, maka akan tetap terisi dengan lemak. Dengan kata lain, sel lemak akan mengempis bila kita melakukan diet ketat. Tetapi bila  makan seperti biasa maka akan mengembang kembali ke kapasitas semula.

Hal ini menjelaskan mengapa ada kecenderungan untuk kembali menjadi gemuk setelah diet yang  ketat meskipun kita makan sedikit dari biasanya. Metabolisme tubuh menyesuaikan pada tingkatan yang lebih efisien, membuat lebih banyak energi menjadi timbunan lemak.

Bagaimana mengatasinya…

pola makan

Menurut penelitian Dr Van Itallie, berat tubuh bertambah bila sudah tua lebih disebabkan karena pola hidup tidak aktif dan porsi makan yang banyak. Dan orang-orang dari keturunan gemuk biasanya lebih sukar untuk menurunkan berat badannya.  Tetapi latihan latihan olah raga dan pengaturan makanan yang benar biasanya dapat mencegah terjadinya kegemukan meskipun berasal dari keturunan gemuk.

Berapakan kenaikan tubuh bila menjadi tua?

Pada umumnya kenaikan berat tubuh 10-12,5 kg, dari umur 20 sampai 60 tahun tidak mengganggu kesehatan bila dimulai dari berat tubuh yang ideal. Sayangnya kebanyakan orang setengah baya kenaikan berat tubuhnya lebih dari itu.

Oleh karena itu dianjurkan untuk mengatur makanan agar tidak berlebihan. Dan berolahraga secara teratur, jangan menunggu kalau sudah terlanjur gemuk. Dan usahakan untuk mengurangi kebiasaan makan/ngemil  terus menerus sepanjang hari.

jalan kaki

Sedikit tips yang mungkin berguna bagi anda dalam menjaga berat badan:

  1. Membatasi makan. Kurangi makanan yang berkalori tinggi dan banyak mengandung lemak
  2. Berhati hati dengan “sisa” makanan. Banyak ibu menambah porsi makan mereka dikarenakan tidak suka makanan dibuang.
  3. Hentikan makanan/cemilan diantara waktu makan.
  4. Gerak badan yang teratur akan membantu pemakaian kalori yang tidak diperlukan. Yang tebaik adalah dengan berjalan kaki.
  5. Jangan lupa makan pagi. Ini akan sangat membantu dalam pekerjaan sehari hari dan dapat menghindarkan diri dari makanan makanan cemilan.
  6. Perbanyak makan sayuran hijau dan tomat.

Semoga bermanfaat

From various sources

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: